Apa itu Paypal?

Apa itu PayPal?, pernah nggak kamu bertanya demikian?. Jika pernah, maka dapat dipastikan kamu baru saja mengetahui tentang paypal dan ingin menggali semua informasi mengenai paypal. Samahanlnya seperti saya waktu pertama kali mendengar alat pembayaran online paypal. Sering muncul pertanyaan dibenak saya apa itu paypal? dan bagaimana cara mendaftar paypal?.

Setelah browsing sana sini akhirnya saya pun menemukan pengertian paypal, cara mendaftar paypal, dan mulai paham bagaimana cara menggunakan paypal sebagai alat pembayaran online nomor satu saat ini di dunia.

Jadi, berdasarkan pemahaman saya, dapat saya simpulkan bahwa apa itu paypal?.  PayPal adalah alat pembayaran dan penerimaan dana secara online. Secara sederhanya, kita bisa menyebut paypal ini sebagai bank online namun memiliki fitur transaksi yang lebih terbatas.

Uniknya PayPal, yang menjadi nomor rekening online kita adalah alamat email yang kita gunakan sewaktu melakukan pendaftaran di PayPal.com. Jadi, kalau kamu misalnya teman kamu ingin menransfer dana ke kamu dengan paypal, kamu cukup mengirimkan alamat email paypal kamu saja. Oleh karena itulah sewaktu pendaftaran paypal harus benar-benar dengan email yang masih aktif dan data diri di akun paypal sebaiknya tidak berbeda dengan data diri di ID nasional (KTP/SIM).

PayPal


Cara Daftar Paypal

Tanpa pikir panjang lagi, saat itu saya langsung mendaftar akun paypal di situs resmi PayPal (https://www.paypal.com) menggunakan email (gmail) saya. Proses mendaftar berjalan lancar, namun akun paypal masih belum terverifikasi. Saat itu untuk melakukan verifikasi masih sangat sulit, harus menggunakan kartu kredit (CC) atau VCC (Virtual Credit Card). Saya masih belum memilik VCC atau CC pada saat itu, saya juga masih belum paham bagaimana mendapatkan VCC.

Meski belum terverifikasi akun paypal ini sudah bisa digunakan untuk menransfer atau menerima dari dari akun paypal lain, namun memiliki limit tertentu dan akun sangat rentan terkena blokir. Benar saja, baru beberapa bulan dipakai akun paypal saya langsung diblokir sehingga tidak bisa digunakan lagi sebelum melakukan verifikasi menggunakan credit card atau virtual credit card.

Saya tidak menyerah, saya mencoba untuk membuat akun baru dan langsung melakukan verifikasi. Alhamdulillah, sampai sekarang akun paypal saya masih aktif dan sering digunakan untuk menerima pembayaran dari iklan seperti payclikc, adnow, revenuehits, dan popcash.

Bagaimana cara mendaftar paypal?, langkah-langkah pendaftaran paypal terbaru dapat kamu lihat pada artikel saya yang berjudul "Cara Daftar Akun Paypal [Panduan Lengkap]". Pada artikel tersebut sudah dibahas secara rinci dan saya yakin kamu tidak akan sulit untuk memahaminya.

Syarat Membuat Akun Paypal
Apa saja syarat dalam membuat/mendaftar akun paypal?. Untuk membuat akun paypal, kamu wajib  memenuhi syarat-syarat berikut ini:
  • Sudah punya alamat email aktif dan bisa diakses
  • Memiliki ID Nasional atau Kartu Identitas baik berupa eKTP/KTP-el atau SIM sebagai persiapan jika diminta untuk verifikasi akun paypal
  • Memiliki Kartu Kredit (CC) atau Kartu Kredit Virtual (VCC) untuk proses verifikasi akun. 

Informasi terkini mengatakan bahwa beberapa kartu debit ATM bank yang berlogo VISA dan MasterCard sudah bisa digunakan untuk verifikasi akun. Kartu Debit ATM yang bisa digunakan adalah Kartu debit digibank bank DBS.

Saya pernah mencoba melakukan verifikasi dengan Kartu Debit Bank Mandiri Visa, fitur Debit Mandiri Visa (Verified by Visa) nya telah aktif namun proses verifikasi ditolak. Kamu bisa mencobanya dengan kartu debit bank lain jika kamu tidak memiliki kartu debit bank DBS.


Apa itu Manfaat Paypal?

Apa manfaat atau kegunaan PayPal?. Paypal memiliki peran yang sangat penting pada era kemajuan bisnis online saat ini. Berdasarkan apa yang saya rasakan saja, Paypal sudah sangat-sangat bermanfaat apalagi oleh pebisnis online yang memang hampir semuanya menyediakan layanan pembayaran via PayPal.

Beberapa manfaat memiliki akun PayPal yang saya rasakan adalah:
  • Paypal bisa dibuka (akses) dimana dan kapan saja selama 1x24 jam
  • Bisa dengan mudah dalam pembayaran belanjaan di seluruh toko online dunia
  • Dapat melakukan pembayaran pembelian template dari website luar negeri
  • Menerima pembayaran penghasilan dari iklan
  • Sangat mudah dalam membeli web hosting dan domain terbaik dari situs luar negeri
  • Menerima dana transferan dari paypal teman
  • Dana pada akun paypal dapat dicairkan ke bank lokal, kalau saya misalnya ke bank mandiri dan bank bri saya.
  • Bisa minta kembalikan uang jika beli barang online tapi barang rusak sewaktu diterima. Jadi paypal ini sangat melindungi nasabahnya dan merupakan alat pembayaran paling terpercaya di seluruh dunia.

Itulah beberapa manfaat kecil yang saya rasakan sebagai pengguna akun paypal. Kamu bisa menambahkan manfaat dan kegunaan lain dari Paypal online payment setelah kamu menggunakannya sendiri.

Bagaimana Sejarah PayPal?

Sejarah singkat PayPal: PayPal pada awalnya adalah sebuah perusahaan hasil penggabungan antara Confinity dengan X.com yang dilakukan pada tahun 2000. Peter Thiel dan Max Levchin mendirikan perusahaan Confinity pada Desember 1998 dan Max Levchin dengan tujuan awal sebagai perusahaan perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Sedangkan perusahaan X.com didirikan oleh Elon Musk pada Maret 1999 sebagai penyedia jasa perencanaan keuangan. Kantor pusat kedua perusahaan ini mulanya terletak di 165 University Avenue, Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Pada bulan Juni tahun 2000, PayPal terus mengembangkan diri dengan memperkenalkan tipe akun baru yang diperuntukkan bagi pengguna bisnis. Jenis akun ini khusus untuk pengguna yang membukukan volume transaksi tinggi dengan biaya fee untuk setiap transaksinya. Di akhir tahun 2001, lebih dari seperlima dari 12,8 juta akun PayPal sudah upgrade ke tipe bisnis.

Sembari terus menapaki jalan manisnya, Elon Musk dan jajaran kemudian mengubah nama PayPal menjadi PayPal Inc dan resmi menginjak lantai bursa pada tahun 2002 dengan nilai saham $13 per lembar dan berhasil mengumpulkan investasi sebanyak $61 juta. Melihat masa depan PayPal yang menjanjikan, PayPal langsung diakuisisi oleh eBay sebagai perantara pembayaran lelang online pada bulan Juli 2002 dengan mahar sebesar $1,5 miliar. Saat ini, lebih dari 70% lapak di eBay telah menggunakan PayPal sebagai alat pembayaran.

Pertanyaan Mengenai Paypal

Banyak orang yang masih belum tau apa itu paypal, misalnya sering kita dengan orang menanyakan hal-hal berikut mengenai paypal.

Apa itu PayPal dan Fungsinya?

Apa itu Aplikasi PayPal?


Balance PayPal itu apa?


Apakah akun PayPal harus punya kartu kredit?


Kenapa akun paypal saya limit?

Hal ini tentu sangat wajar. Oleh karena itu, penjelasan mengenai paypal ini diharapkan mampu menjadi bagian dari solusi pengenalan dan pemahaman mengenai akun paypal.

0 Response to "Apa itu Paypal?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel