Contoh Materi Soal TWK Bahasa Indonesia CPNS

Contoh Materi Soal TWK Bahasa Indonesia CPNS. Sudah tau kalau Bahasa Indonesia juga masuk dalam tes CPNS?. Jadi, benar adanya kalau materi Bahasa Indonesia juga masuk dalam soal tes skd cpns yaitu pada soal tes tes wawasan kebangsaan (TWK).

Materi Bahasa Indonesia yang keluar pada soal CPNS biasa adalah materi tentang pemahaman isi paragraf atau wacana, misalnya adalah seperti mencari ide pokok (pokok pikiran), gagasan utama, kalimat pokok (utama), dan beberapa pertanyaan yang masih sesuai dengan isi wana tersebut.

Tes TWK Bahasa Indonesia ini bukan untuk mengetahui seberapa cepat kemampuan membaca peserta seleksi CPNS, tetapi membaca sebagian dari tulisan (bacaan), yang biasanya terdiri dari 3 atau lebih paragraf. Maksud dari tes bahasa Indonesia pada tes twk skd cpns ini adalah mengerti isi/topik dari bacaan, permasalahan yang dibicarakan dalam wacana tersebut apa? poin pentingnya apa?.

Tes TWK Bahasa Indonesia ini dapat mengenai berbagai tema, misal kesehatan, pendidikan, remaja, pemerintahan, teknologi, dan topik lainnya. Disini kita dituntut untuk memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, sehingga lebih mudah dalam memahami pikiran penting dari suatu wacana.

Biasanya pertanyaan yang sering muncul pada tes twk bahasa indonesia ini adalah mengenai gagasan pokok dari tulisan, ide poko dari tulisan, logika dari tulisan, tujuan penulisan, implikasi dari tulisan, apakah ada hubungan logis dari topik-topik yang dibicarakan, dan tekanan serta gaya penulisan itu sendiri.

Ide Pokok Wacana (Paragraf)

Ide pokok merupakan  hal pokok yang diungkapkan dalam wacana dan menjadi inti keseluruhan isi wacana. Nama lain dari ide pokok adalah gagasan pokok, gagasan utama, gagasan inti, inti masalah, pokok pikiran, pokok pembicaraan, dan pikiran utama. Ide pokok dapat diketahui secara tersurat atau tersirat pada kalimat utama.

Cara Menentukan Ide Pokok Wacana

Ide pokok terdapat pada kalimat utama. Setelah menemukan kalimat utama, kita dengan mudah dapat menentukan gagasan utama. Caranya, carilah pokok penting yang terdapat pada kalimat utama tersebut dengan membuang fungsi keterangan.


Kalimat Utama Wacana (Paragraf)

Kalimat utama adalah kalimat inti suatu paragraf yang di dalamnya terdapat ide pokok. Letak kalimat utama dalam paragraf berada di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), atau di awal dan akhir paragraf (variatif).

Cara Menentukan Kalimat Utama dalam Wacana

Kita dapat menentukan kalimat utama melalui beberapa hal berikut ini.
  • Amati repetisi dan kata rujukan pada kalimat kedua dan seterusnya. Jika terdapat repetisi atau kata rujukan dalam kalimat dua, besar kemungkinan kalimat utama terlewat di awal paragraf.
  • Amati adanya simpulan yang ditandai dengan kata penghubung antarkalimat: oleh karena itu, oleh sebab itu, dengan demikian. Bisa juga ditandai oleh kata penegas: jadi, bahkan, dan partikel –lah. Jika terdapat simpulan, besar kemungkinan kalimat utama di akhir paragraf.
  • Amati di awal dan akhir paragraf. Jika terdapat kata rujukan atau repetisi di kalimat kedua dan terdapat simpulan di akhir paragraf, itu artinya kalimat utama terletak di awal dan akhir paragraf atau campuran.

Contoh Soal TWK Bahasa Indonesia

Contoh Soal Materi TWK Bahasa Indonesia

Perhatikan dan pahami beberapa contoh soal CPNS bahasa indonesia berikut ini.

Bacalah wacana berikut ini dengan cermat!
Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar dan prestisius. Dikalangan masyarakat banyak yang berpendapat bahwa memiliki pekerjaan yang prestis dan bergaji besar adalah satu-satunya jalan untuk menuju kebahagiaan. Hal tersebut belum tentu benar adanya. Banyak orang-orang yang memiliki gaji di atas pendapatan masyarakat Indonesia pada umumnya, tapi kehidupannya tidak bahagia.

Kebanyakan dari mereka lebih mementingkan pekerjaan yang mampu menaikkan status sosial dan martabat diri sendiri. Padahal hal tersebut sangatlah keliru. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat, keahlian, dan yang anda sukai. Agar anda bisa menikmati pekerjaan anda dengan rasa bahagia.

Sehingga rasa lelah ketika bekerja hanya ada pada tingkatan fisik tidak sampai pada lelah dalam berpikir.Tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa bekerja dengan profesi yang kita sukai adalah rezeki yang tak ternilai. Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang bisa kita nikmati.

1. Pikiran utama yang terdapat dalam teks bacaan di atas adalah ...
(A). Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar
(B). Semua pekerjaan yang baik dan prestisius bisa dinikmati
(C). Tidak ada pekerjaan yang tidak bisa dinikmati
(D). Semua pekerjaan yang prestisius bagus untuk dinikmati
(E). Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang bisa kita nikmati

2. Makna kata prestisius pada kalimat Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar dan prestisius adalah ...
(A). pekerjaan yang berpenghasilan besar
(B). pekerjaan yang menyenangkan
(C). pekerjaan yang bergengsi
(D). pekerjaan yang sangat baik
(E). pekerjaan yang sangat disukai

Pembahasan:
1. Paragraf di atas adalah paragraf yang memiliki gagasan utama campuran, yaitu memiliki gagasan utama di awal dan di akhir paragraf.

Gagasan utama pada awal paragraf adalah “Pekerjaan yang baik bukan semata-mata yang bergaji besar dan prestisius.” Berikutnya di paragraf ke-3 di akhir paragraf, yaitu “Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang bisa kita nikmati”.
Kunci Jawaban (E)

2. Prestisius adalah sesuatu hal yang bersifat mengesankan, terhormat, bermartabat dan bergengsi.
Kunci Jawaban (C)

Demikianlahlah informasi seputar Materi Soal TWK Bahasa Indonesia CPNS ini kami sajikan, semoga dapat membantu kamu dalam memahami model soal wacana pada tes wawasan kebangsaan (TWK) SKD CPNS 2018. Semofa bermanfaat!.

0 Response to "Contoh Materi Soal TWK Bahasa Indonesia CPNS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel