JADWAL IMSAK PUASA RAMADHAN 2019/1440 H

Jadwal Imsak Puasa Ramdhan 2019 (1440 H). Sebelum melihat jadwal imsakiyah puasa Ramadhan 2019, mari kita pahami apa itu imsak, puasa, dan Ramadhan.

Puasa
Apa itu puasa?. Puasa adalah salah satu rukun Islam berupa ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Puasa dikenal juga dengan istilah saum.

Ramadhan 
Ramadhan atau bulan Ramadan adalah  bulan ke-9 tahun Hijriah (29 atau 30 hari), pada bulan ini orang Islam yang sudah akil balig diwajibkan berpuasa. Bulan Ramadan adalah bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia dan banyak yang menyebutnya sebagai bulan seribu bulan. Pada bulan Ramadhan segala amalan kebaikan dan ibadah yang dilakukan dengan ikhlas akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

Imsak/Imsakiyah
Lalu apa itu imsak/imsakiyah?. Imsak adalah waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Namun, pada saat imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Jadi, kalau sudah masuk waktu imsak sebaiknya perlu hati-hati kalau masih mau makan/minum. Pastikan segala aktivitas makan dan minum sudah berhenti sebelum masuk waktu shalat subuh.

Nah, setelah penjelasan di atas, Anda sudah bisa melihat jadwal waktu shalat dan imsak selama puasa Ramadhan 2019 (1440 H) berikut ini:

Cara Melihat Jadwal Imsak/Imsakiya

Jadwal imsakiyah Ramadhan 1440 H (2019) ini sudah meliputi jadwal waktu Sholat dan Imsak. Cara melihat masing-masing jadwal imsak Ramadhan 2019 di kota/daerah tempat tinggalmu, cukup dengan menekan tombol pilih kota. Memilih bulan dan tanggal imsak cukup dengan menekan tombol Sesudah/Sebelum.

Jadwal Sholat dan Imsak Hari Ini


Jadwal Imsak Puasa Ramadhan 1440 H (2019) pada tabel di atas, dapat digunakan untuk melihat; Jadwal sholat dan imsak kota Banda Aceh, Langsa, Lhokseumawe, Meulaboh, Sabang, Subulussalam, Denpasar, Pangkalpinang, Cilegon, Serang, Tangerang Selatan, Tangerang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Sungai Penuh, Jambi, Bandung, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Tasikmalaya, Banjar, Magelang, Pekalongan, Purwokerto, Salatiga, Semarang, Surakarta, Tegal, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo, Surabaya, Pontianak, Singkawang, Banjarbaru, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Bontang, Samarinda, Tarakan, Batam, Tanjungpinang, Bandar Lampung, Metro, Ternate, Tidore Kepulauan, Ambon, Tual, Bima, Mataram, Kupang, Sorong, Jayapura, Dumai, Pekanbaru, Makassar, Palopo, Parepare, Palu, Bau-Bau, Kendari, Bitung, Kotamobagu, Manado, Tomohon, Bukittinggi, Padang, Padangpanjang, Pariaman, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Lubuklinggau, Pagaralam, Palembang, Prabumulih, Binjai, Medan, Padang Sidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Yogyakarta, dan daerah sekitarnya.

Demikianlah informasi mengenai Jadwal Imsak Puasa Ramdhan 2019 (1440 H) ini, semoga bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "JADWAL IMSAK PUASA RAMADHAN 2019/1440 H"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2