Latihan Soal SMMPTN UNTAD 2019/2020

Latihan soal SMMPTN UNTAD dan pembahasan/kunci jawaban ini bagus untuk dikerjakan oleh kamu yang akan menghadapi ujian seleksi mandiri Universitas Tadulako.

SMMPTN atau Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri UNTAD dilaksanakan untuk menjaring calon mahasiswa program sarjana dan di diploma. SMMPTN adalah salah satu seleksi masuk kampus UNTAD, dua jalur lain adalah SBMPTN dan SNMPTN.

Materi Soal Ujian SMMPTN UNTAD tidak berbeda jauh dengan soal seleksi kampus lain, yaitu materi kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dan Materi Sosial dan Humaniora (Soshum). Kamu bisa mengikuti salah satu jenis seleksi ini (Saintek/Soshum) dan juga bisa mengikuti keduanya sekaligus atau sering disebut dengan istilah campuran (IPC).

Berikut adalah beberapa contoh soal SMMPTN UNTAD yang bisa kamu coba kerjakan sebagai latihan mengerjakan soal SMMPTN UNTAD.

Semoga dengan adanya beberapa latihan soal SMMPTN UNTAD ini, dapat membantu adik-adik melihat gambaran soal UNTAD pada ujian nantinya.

Soal Bahasa Inggris SMMPTN UNTAD

Most people agree that some form of family limitation or spacing is desirable for the good of the family and society. But individuals and groups– especially religious groups–differ sharply on the methods of birth control that they consider moral and acceptable.

Couples that practice birth control do so for various reasons. They may want to limit or space their children or to have no children at all. Young couples often postpone having children so that both partners can work full-time. Other couples space their children so they can give each child as much attention as possible. Some women are advised by their doctors to avoid pregnancy for health reasons. In many countries with rapidly growing populations, the government encourages couples to limit the size of their families.

Even though birth control has gained in acceptance, opposition to the practice is continuous. Some people fear that birth control encourages sexual relations outside marriage or that government might impose birth control. Some religious groups oppose birth control on moral grounds.

Some religious groups teach that artificial methods of birth control are immoral because they separate the two purposes of intercourse in marriage–conjugal love and the procreation of children. Although they oppose all artificial birth control, they consider natural family planning acceptable.

1. The issue of the text is....
A. birth control.
B. sex control.
C. government’s population program.
D. family planning programs.
E. family limitation.

2. From the text, we can conclude that....
A. the government doesn’t support birth control.
B. the religious group agree of using artificial contraception.
C. some women must not pregnant because of health reason.
D. everyone doesn’t agree with a family limitation.
E. young couples don’t want to have many children because they are very busy.

Kunci Jawaban:
1. A    2. C

Soal Bahasa Indonesia SMMPTN UNTAD

Kemandirian KPUD ternyata tidak m embawa kepastian, keterpercayaan publik, dan jaminan akan kelancaran proses pilkada. Dalam proses tersebut, keandalan KPUD dihadapkan pada tiga masalah utama yang mengganggu mekanisme kerjanya. Masalah pertama adalah konflik pada waktu pendaftaran calon, yakni KPU banyak diganggu oleh keributan yang terjadi di tubuh internal partai. Masalah kedua adalah fanatisme pendukung partai politik yang kandidatnya tidak lulus verifikasi, yakni orang-orang yang gagal untuk memenangi pilkada, menyita pemikiran KPUD. Masalah ketiga adalah tidak profesionalnya KPUD, berdampak pada proses pilkada setelah calon-calon tersebut terpilih. Selain itu, dalam supervisi tidak bisa memperoleh hasil yang optimal mengingat masalah internal KPU di pusat berkaitan dengan kasus korupsi.

Pikiran pokok paragraf di atas adalah ....
A. Masalah-masalah yang dihadapi KPUD.
B. Ketidaklancaran pelaksanaan pilkada.
C. Penyebab ketidakmandirian KPUD.
D. Ketidakpastian dalam pilkada.
E. Tidak adanya jaminan kemandirian KPUD.

Pembahasan: Kunci Jawaban (A).
Pikiran pokok merupakan inti dari suatu paragraf.
Pikiran pokok dapat ditemukan pada kalimat utama
'
Pikiran pokok dalam paragraf di atas adalah masalah-masalah yang dihadapi KPUD.


(1) Kenaikan harga minyak dunia telah membuat selisih harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi daan nonsubsidi semakin melebar. (2) keadaan ini, yang memicu peningkatan peralihan konsumsi dari BBM nonsubsidi ke BBM bersubsidi. (3) Tidak mengherankan jika realisasi subsidi BBM hingga akhir tahun ini diperkirakan menembus angka 41 juta kiloliter dari rencana yang dipatok APBN 2011 yang hanya 40,4 juta kiloliter. (4) Kondisi tersebut tentu tidak menguntungkan karena APBN jelas-jelas terbebani. (5) Subsidi BBM juga menciptakan ketidakadilan karena penikmat subsidi BBM adalah kelompok masyarakat menengah ke atas. (6) Di sisi lain, alokasi subsidi BBM yang besar menyebabkan anggaran belanja untuk sektor lainnya (termasuk bagi kelompok miskin) menjadi berkurang. (7) Apalagi, dengan tidak adanya pengendalian konsumsi BBM bersubsidi juga menimbulkan efek negatif lainnya yang tidak kalah berat. (8) BBM bersubsidi menimbulkan pemborosan dalam hal kon-sumsi energi takterbarukan. (9) Kondisi ini sama saja dengan mempercepat proses terjadinya kelangkaan energi.

(10) BBM bersubsidi hanya menguntungkan pemi- lik kendaraan pribadi sehingga menimbulkan persoalan pelik bagi sistem transportasi darat di kota-kota besar. (11) Akibatnya, industri transportasi masal menjadi tidak menarik, yang sebenarnya diharapkan dapat memecahkan masalah 
keruwetan transportasi darat. (12) Di sisi lain, BBM bersubsidi menimbulkan ketidakadilan antarwilayah, karena penikmat subsidi BBM justru adanya di kota-kota besar dan golongan kaya. (13) Jelaslah, mempertahankan kebijakan subsidi BBM sebenarnya lebih banyak efek negatifnya dibanding- kan dengan manfaatnya. (14) Oleh karena itulah, kebijakan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi semes- tinya segera direalisasikan. (15) Apabila tidak dibatasi, dikhawatirkan konsumsi BBM yang tentunya berpotensi menimbulkan implikasi negatif yang yang lebih berat. (16) Kini di tangan pemerintahlah bola untuk menetapkan opsi pengaturan penggunaan BBM bersubsidi berada.

Kalimat tidak efektif dapat ditemukan pada kalimat ....
A. 3 dan 12
B. 8 dan 15
C. 1 dan 5
D. 10 dan 16
E. 4 dan 14

Pembahasan: (Kunci Jawaban C)
Kalimat efektif adalah kalimat yang menggunakan tata bahasa yang sesuai dengan EYD. Ciri kalimat efektif adalah Subjek dan Predikat (S-P), kata baku, hemat kata, sesuai EYD, dan logis. Kalimat yang tidak efektif dalam paragraf tersebut adalah kalimat ke-1 karena adanya kata telah di antara subjek dan predikat, kalimat ke-5 karena ada kata juga.

Soal Tes Potensi Akademik SMMPTN UNTAD


Soal Sejarah SMMPTN UNTAD

1. Kebijakan pemerintah di awal kemerdekaan dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut, kecuali....
A. pelaksanaan Rencana Kasimo
B. pembentukan KNIP
C. program pinjaman nasional
D. pengeluaran dan penyebaran ORI
E. pembentukan Badan Perancang Ekonomi

Pembahasan: (Kunci Jawaban B)
Semua point pada jawaban adalah kebijakan pemerintahan dalam ekonomi di awal kemerdekaan, kecuali dalam hal pembentukan KNIP.


2. Dia berusaha menghalalkan segala cara karena hidupnya mempertuhankan materi.

Kata mempertuhankan dalam kalimat diatas, memiliki mana yang sama dengan kata dalam kalimat di bawah ini....
A. Kita tidak boleh mempermainkan orang lain.
B. Setelah diperistri saudagar, Reny memperbudakkan orang tua kandungnya.
C. Dengan cara semacam itu, Pak Jono berarti mempertunjukkan kebodohannya
D. Karena cara yang dilakukannya itu, maka dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.
E. Dia benar-benar mempertaruhkan harga dirinya hanya untuk mendapat jabatan kepala desa.

Pembahasan: (Kunci Jawaban B).
Imbuhan me dari kata mempertuhankan dalam kalimat di atas memiliki arti seolah-olah yang berarti menjadikan materi seolah-olah seperti Tuhan. Pada pilihan jawaban B, memiliki arti menjadikan orangtuanya seolah-olah budak.

Soal Sosiologi SMMPTN UNTAD

1. Pengangguran di Indonesia tidak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi, tetapi juga oleh faktor lain, seperti pendidikan dan kebijakan pemerintah. Hal ini menunjukkan bahwa gejala sosial bersifat....
A. terstruktur
B. sulit diprediksi
C. tidak dapat diukur
D. kompleks
E. transdisiplin
           
Pembahasan: (Kunci Jawaban D).
Pengangguran di Indonesia merupakan contoh gejala sosial yang bersifat kompleks. Kompleksitas permasalahan pengangguran tidak hanya faktor ekonomi, namun beberapa faktor lain yang turut berperan seperti pendidikan, mentalitas, dan kebijakan pemerintah.

2. Berikut ini adalah dampak pada kondisi sosial dari perseteruan masyarakat dalam kasus reklamasi pantai....
A. menimbulkan perbedaan persepsi
B. memperluas lahan permukiman
C. memicu konflik kepentingan
D. menguntungkan bisnis properti
E. meningkatkan kegiatan pariwisata di pantai

Pembahasan: (Kunci Jawaban A)   
Perbedaan pendapat dalam masyarakat merupakan salah satu pemicu konflik sosial. Sebagai contoh perbedaan persepsi mengenai reklamasi pantai, ada pihak yang menganggap positif disisi lain menganggap reklamasi sebagai hal yang merusak lingkungan dan hanya menguntungkan kelompok tertentu saja.

Soal Ekonomi SMMPTN UNTAD


Soal Geografi SMMPTN UNTAD

1. Hampir setiap cabang ilmu pengetahuan murni memiliki kesamaan objek kajian, namun berbeda dalam aspek yang ditekankan. Dalam hal ini, ilmu geografi menekankan pada aspek....
A. geometri bumi
B. gerak massa batuan
C. dasar bumi
D. bencana alam
E. spasial

Pembahasan: (Kunci Jawaban E).
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fenomena-fenomena yang ada di muka bumi. Kajian dalam ilmu geografi menekankan pada aspek spasial atau keruangan. Pandangan keruangan dalam geografi menjadikan geografi dapat memahami persamaan dan perbedaan karakteristik pada tiap wilayah, dan juga dapat menganalisis mengapa suatu fenomena terjadi di suatu wilayah.

2. Informasi yang dapat diperoleh dari data kependudukan berdasarkan usia adalah....
A. angka ketergantungan
B. perkembangan penduduk
C. persebaran penduduk
D. mobilitas penduduk
E. daya beli masyarakat

Pembahasan: (Kunci Jawaban B).
Salah satu informasi yang bisa didapatkan dari data kependudukan berdasarkan usianya adalah informasi angka ketergantungan penduduk (dependency ratio). Angka ketergantungan ini menunjukkan banyaknya jumlah penduduk usia nonproduktif yang harus ditanggung oleh penduduk usia produktif. Adapun penduduk usia produktif adalah penduduk yang berada dalam kelompok usia 15-64 tahun. Sementara, penduduk usia nonproduktif adalah penduduk yang berada dalam kelompok usia <15 tahun dan >64 tahun.

0 Response to "Latihan Soal SMMPTN UNTAD 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2