SOAL CPNS DERET HURUF TIU DAN PEMBAHASAN

latihan Soal CPNS Deret Huruf dan Pembahasan merupakan bagian dari contoh soal CPNS SKD TIU (Tes Intelegensi Umum). Soal TIU Deret Huruf atau Soal CPNS Deret Huruf bagi kebanyakan peserta CAT CPNS menjadi soal yang cukup sulit untuk dikerjakan. Oleh karena itu, kamu harus sering-sering berlatih mengerjakan soal cpns tiu deret ini. Dengan sering berlatih secara perlahan kamu akan paham pola huruf yang akan muncul sehingga bisa lebih mudah mengerjkan soal CAT CPNS 2019/2020. Soal Deret Huruf ini juga tidak berbeda jauh cara pengerjaannya dengan soal CPNS deret angka.

Soal CPNS Deret Huruf TIU

Contoh Soal CPNS Deret Huruf
Berikut beberapa contoh soal CPNS TIU Deret Huruf Tes Intelegensi Umum beserta dengan pembahasan lengkapnya. Silahkan dipelajari dan pahami baik-baik.

1. T, L, P, N, L, P, .....
A. S
B. Q
C. H
D. O
E. J

2. A, O, P, B, Q, R, .....
A. D
B. E
C. C
D. S
E. T

3. K, L, O, P, S, T, ..... .....
A. X, Y
B. U, V
C. Q, R
D. M, N
E. Y, Z

4. C, F, I, L, O, R, .....
A. R
B. T
C. S
D. V
E. U

5. A, B, C, F, E, D, G, H, I, ..., ..., ...
A. J, K, M
B. L, M, N
C. J, K, L
D. L, K, J
E. M, K, J


Pembahasan Soal Deret Huruf

1. Kunci Jawaban C
Pola barisan susunan huruf terdapat dua huruf yang terus berulang, yaitu L, P. Sehingga huruf yang berubah adalah dari T menjadi N. Selisih huruf dari T menjadi N adalah 5 huruf yaitu O, P, Q, R, S. Jadi dari N menuju huruf selanjutnya juga terdapat selisih 5 huruf yaitu I, J, K, L, M, sehingga huruf selanjutnya adalah H.

2. Kunci Jawaban C
A, O, P, B, Q, R, ...
Polanya adalah: A-OP-B-QR-C-ST dan seterusnya, sehingga huruf selanjutnya adalah C.

3. Kunci Jawaban A
Pola huruf tersebut adalah huruf pertama dimulai dari K dengan setiap dua huruf setelahnya dihilangkan. K, L (M, N dihilangkan) O, P (Q, R dihilangkan) S, T (U, V dihilangkan) sehingga huruf selanjutnya adalah X, Y.

4. Kunci Jawaban E
Pola huruf yang terbentu adalah: C (de) F (gh) I (jk) L (mn) O (pq) R (st) U. Jadi huruf selanjutnya adalah huruf U.

5. Kunci Jawaban D
Pola: Urutan tiga huruf pertama tidak terbalik, sedangkan urutan tiga huruf kedua dibalik, begitu seterusnya. Sehingga setelah GHI adalah LKJ.

0 Response to "SOAL CPNS DERET HURUF TIU DAN PEMBAHASAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2