Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MEMPERKECIL UKURAN SWAFOTO PPPK (P3K) MENJADI 120/200KB

Cara Mengecilkan Ukuran Swafoto PPPK (P3K) menjadi 120/200KB  - Swafoto atau foto selfie adalah salah satu syarat dokumen pendaftaran berbentuk gambar dengan ekstensi JPEG/JPG yang harus di unggah ke portal SSP3K BKN (https://ssp3k.bkn.go.id/). Saat pengambilan swafoto dilakukan, peserta harus memegang Kartu Informasi Akun dan KTP atau pengganti kartu identitas lainnya. Posisi swafoto PPPK (P3K) adalah melebar atau landscape (lanskap). Swafoto P3K ini berfungsi sebagai validasi untuk menghindari praktik kecurangan saat pendaftaran PPPK serta sekaligus membantu pelamar yang lupa dengan password akunnya. Apa saja syarat dan ketentuan swafoto PPPK (P3K)? Bagaimana contoh swafoto yang benar? Berikut penjelasannya!.

SWAFOTO PPPK (P3K)

Cara Memperkecil Ukuran Swafoto PPPK

Sebelum mengecilkan swafoto PPPK (P3K), terlebih dahulu kita harus tahu apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan swafoto. Berdasarkan informasi dari Buku Petunjuk Pendaftaran Sistem Seleksi P3K, BKN sebenarnya tidak menjelaskan secara rinci, namun hanya memberikan kisi-kisi mengenai posisi swafoto dan ukuran besar gambar swafoto. Namun demikian, secara keseluruhan kami merincikan bahwa syarat dan ketentuan swafoto (foto selfie) PPPK adalah sebagai berikut.

Ketentuan dan Syarat Swafoto PPPK

Secara umum, ketentuan dan syarat swafoto P3K yang benar adalah sebagai berikut:
  • Jenis File/Format swafoto PPPK adalah JPEG (.jpg/.jpeg)
  • Swafoto PPPK harus berwarna (tidak boleh hitam putih)
  • Posisi swafoto P3K adalah melebar (landscape/lanskap)
  • Warna background swafoto PPPK bebas (Silahkan klik disini! jika ingin mengubah warna background menjadi merah, biru, atau warna lainnya)
  • Ukuran besar file gambar swafoto maksimal adalah 200KB, tidak boleh lebih dari 200KB karena otomatis akan tertolak oleh sistem saat di unggah.
  • Ukuran minimal swafoto PPPK adalah 120KB/100KB.
  • Saat swafoto P3K Tangan kanan memegang kartu Identitas (KTP/Surat Keterangan Perekaman eKTP) dan Tangan kiri memegang Kartu Informasi Akun
  • Swafoto harus memperlihatkan wajah, nama dan NIK dengan jelas. Baik yang terdapat pada Kartu Identitas maupun pada Kartu Informasi Akun.
  • Pakaian yang digunakan saat swafoto bebas, harus sopan dan rapi
  • Sebaiknya tidak memakai kacamata dalam swafoto P3K

Cara Mengecilkan Swafoto PPPK

Untuk mengecilkan ukuran file swafoto dapat dilakukan secara online baik dari komputer maupun HP/Smartphone (Android) yang kamu miliki. Kamu tidak perlu melakukan penginstalan aplikasi dan keterampilan khusus untuk memperkecil ukuran swafoto dan pas foto. 

Terdapat dua opsi paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk mengubah/mengecilkan ukuran besar gambar swafoto. Pertama menggunakan aplikasi online PicResize dan CompressJPEG. Keduanya memberikan hasil kompres swafoto yang cukup baik tanpa mengurangi kualitas gambar, dengan kata lain swafoto yang dihasilkan tidak buram atau kurang jelas.

Cara Memperkecil Ukuran Swafoto dengan PicResize

  1. Silahkan kunjungi https://picresize.com/
  2. Kemudian klik Browse atau Drag and drop a file here or click
  3. Pilih dan klik gambar Swafoto yang telah disediakan
  4. Selanjutnya klik CONTONUE TO EDIT PICTURE
  5. Silahkan pilih CROP SELECTION untuk mengatur jarak lebar kanan, kiri, bawah dan atas pas foto (jika menurut kamu posisi swafoto sudah tepat tidak perlu melakukan Crop).
  6. Kemudian tekan ENTER untuk mendapatkan foto hasil crop (Abaikan jika foto menurut kamu sudah rapi).
  7. Pada bagian Resize Your Picture: Pilih Change atau kamu bisa pilih 25% atau 50% jika resolusi swafoto mu cukup besar (Silahkan coba untuk mendapatkan hasil terbaik nantinya)
  8. Selanjutnya pada Choose Special Effect: Optional biarkan tetap pada pilihan none.
  9. Pada bagian JPG Max Filesize: (Optional) isi dengan 200 (jika ukuran awal swafoto kamu lebih dari 1 MB) Isi 500 KB jika ukuran awal swafoto kamu kurang dari 1 MB atau kamu bisa sesuaikan isian untuk menyesuaikan ukuran hasil akhir file.
  10. Terakhir klik I'M DONE, RESIZE MY PICTURE!
  11. Selesai dan silahkan klik View Image atau Save to Disk untuk mendapatkan dan menyimpan gambar sesuai keinginan.
  12. Silahkan cek swafoto yang telah kamu dapatkan apakah ukurannya sudah tidak lebih dari 200 KB
  13. Jika swafoto ternyata masih kurang dari 100KB maka silahkan tingkatkan isian pada JPG Max Filesize lebih dari 500KB.

Cara Mengecilkan Ukuran Swafoto dengan CompressJPEG

Untuk cara kompress swafoto dengan Compressjpeg.com, kamu bisa pelajari langkah-langkahnya disini: Cara Mengubah Ukuran JPEG.

Contoh Swafoto PPPK

Contoh tampilan swafoto P3K/PPPK yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan dan syarat-syarat swafoto PPPK adalah seperti tampilan di bawah ini:

Swafoto PPPK

Contoh Swafoto PPPK

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengecilkan Ukuran Swafoto Menjadi 120/200KB untuk pendaftaran P3K/PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Semoga bermanfaat!.

Post a Comment for "CARA MEMPERKECIL UKURAN SWAFOTO PPPK (P3K) MENJADI 120/200KB"