Apa itu Web Hosting? dan Apa saja Jenis-jenis Web Hosting?

Apa itu Web Hosting?. Web hosting adalah layanan untuk memasukkan file-file yang diperlukan sebuah website agar dapat diakses melalui browser internet. Web host, atau jasa penyedia layanan web hosting, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan untuk situs web atau halaman web untuk dilihat di Internet. Situs web dihosting, atau disimpan, di komputer khusus yang disebut server.

Ketika pengguna internet ingin melihat situs web kita, yang perlu mereka lakukan adalah mengetikkan alamat situs web atau domain kita ke browser sepeti browser mozilla atau google chrome. Komputer pengguna internet tersebut kemudian akan terhubung ke server dan halaman web atau blog kita akan dikirimkan  (terakses) kepada pengguna melalui browser yang dibukanya.

Beberapa contoh penyedia layanan web hosting terbaik dunia dan di Indonesia adalah; iPage, HostGator, BlueHost, JustHost, Domain, Hostinger, GoDaddy, RumahWeb, Niagahoster, DewaWeb, IDWebhost, Domainesia, dan beberapa layanan web hosting terbaik lainnya dapat di lihat di sini "15 Situs Penyedia Jasa Web Hosting Terbaik".

Sebagian besar perusahaan hosting memberikan kita sebuah domain gratis ketika menyewa layanan hosting mereka. Selain mendapatkan domain khusus, biasanya ada beberapa fitur lainnya lagi yang masuk dalam paket pembelian hosting. Misalnya seperti, unlimited alamat email, fitur ssl, dan lain-lain.

Jenis-jenis Hosting (Web Hosting)

Hosting
Web Hosting
Ada berbagai jenis layanan web hosting yang tersedia untuk meng-host situs web. Sebelum mendaftar untuk layanan web hosting, penting untuk memahami jenis layanan yang mana yang kita butuhkan, memilih jenis server yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan bisnis jika kita berbisnis, anggarannya bagaimana, dan jenis layanan hosting apa yang ditawarkan web host tersebut.

Pilihan hosting yang tersedia saat ini adalah: Website Builders, Shared Hosting, Dedicated Hosting, dan Collocated Hosting. Penjelasan singkatnya bisa kita baca di bawah ini.


Website Builders

Jenis hosting Website Builders adalah jenis layanan hosting yang melayani pemula yang perlu meng-host situs web, tetapi belum memiliki keterampilan dan pengetahuan teknis untuk membangunnya. Layanan Website Builders biasanya memberi kita antarmuka berbasis peramban daring untuk membuat situs web kita, dan juga menghosting situs web untuk kita tanpa penyiapan tambahan apa pun.

Shared Hosting

Pada jenis hosting Shared Hosting, kita dan pemilik situs web lainnya berbagi dalam satu server. Berbagi server ini termasuk berbagi server fisik dan aplikasi perangkat lunak dalam server. Layanan shared hosting terjangkau karena biaya untuk mengoperasikan server dibagi antara kita dan pemilik situs web yang lain. Namun demikian, ada penggunaan shared hosting ini memiliki kekurangan, misalnya menjadi akses web menjadi lebih lambat.

Dedicated Hosting

Pada jenis hosting Dedicated Hosting, kita memiliki seluruh server web untuk diri kita sendiri. Ini memungkinkan untuk kinerja yang lebih cepat, karena kita memiliki semua sumber daya server sepenuhnya, tanpa berbagi dengan pemilik situs web lain. Namun, ini juga berarti bahwa kita akan bertanggung jawab atas biaya operasi server sepenuhnya. Memilih hosting Dedicated Hosting adalah pilihan yang baik untuk situs web yang membutuhkan banyak sumber daya sistem, atau memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Collocated Hosting

Pada hosting tipe Collocated Hosting ini, kita akan membeli server sendiri dan menyimpannya di fasilitas web host. Kita juga akan bertanggung jawab untuk server itu sendiri. Keuntungan dari layanan hosting jenis Collocated Hosting adalah kita memiliki kendali penuh atas server web. Kita dapat menginstal skrip atau aplikasi apa pun yang kita butuhkan dan inginkan.

Demikianlah informasi mengenai Hosting dan Jenis-jenis Web Hosting. Semoga bermanfaat, jika ada kekurangan dalam penulisan ini, mohon diberi masukan yang bersifat membangun melalui kolom komentar yang tersedia.

0 Response to "Apa itu Web Hosting? dan Apa saja Jenis-jenis Web Hosting?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel