KETENTUAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) UTBK 2020 DAN CARA MENGATASI SKL TANPA PAS FOTO & NPSN

Bagaimana ketentuan Surat Keterangan Lulus (SKL) SMA/SMK/MA/ untuk Tes UTBK 2020?? SKL adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh sekolah untuk menyatakan bahwa siswa tersebut telah dinyatakan lulus dari sekolah tersebut. SKL hanya berlaku untuk siswa tatamatan tahun berjalan, untuk siswa tamatan tahun sebelumnya yang berlaku adalah foto copy Ijazah yang telah dilegalisir (stempel basah).

Ketentuan Surat Keterangan Lulus (SKL) 2020

Adapun ketentuan-ketentuan dalam isi SKL SMA/SMK/STM/MA Sederajat untuk di bawa pada saat ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 2020 sesuai dengan point-point yang telah tertera di dalam Kartu Peserta Ujian UTBK SBMPTN 2020 adalah:
  1. SKL harus ditandatangani oleh kepala sekolah
  2. Tertera Nama siswa yang bersangkutan
  3. Tertera Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa yang bersangkutan
  4. Tertera Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 
  5. Terdapat pas foto siswa yang bersangkutan
Contoh SKL yang sesuai dengan kriteria di atas adalah seperti tampilan SKL di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Lulus (SKL)

Bagaimana Jika SKL tidak terdapat Foto Siswa?

Beberapa sekolah mengeluarkan SKL tidak memuat pas foto siswanya. Untuk mengatasi hal ini, siswa dapat menempelkan pas foto di dalam SKL yang telah dikeluarkan oleh sekolah. Tempel pas foto sejajar dengan tanga tangan kepala sekolah tanpa menutupi tulisan/tanda tangan kepala sekolah. Pas foto boleh berwarna background merah, biru, atau hitam putih, hal ini karena tidak ada ketentuan lebih lanjut oleh pihak LTMP mengenai warna latar belakang pas foto. Pas foto siswa sebaiknya yang terbaru (minimal 3 bulan terakhir).

Bagaimana Jika dalam SKL tidak tertera NPSN Sekolah?

Jenis Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dikeluarkan oleh sekolah sangatlah bervariasi, ada yang memuat NPSN ada juga yang tidak. Hal ini mungkin karena sebelumnya belum ada koordinasi antara sekolah dan pihak LTMPT. 
Lalu bagaimana cara mengatasi SKL yang tanpa NPSN?. Dalam hal ini, jika memungkinkan mintalah agar sekolah membuatkan SKL yang baru yang sesuai dengan ketentuan pihak LTMPT (dalam kartu ujian UTBK). Jika memang pihak sekolah sudah tidak bersedia, maka hal tersebut tidaklah mengapa jika SKL tanpa NPSN. Hal ini telah pernah ditanyakan oleh siswa ke pihak LTMPT melalui halo.ltmpt.ac.id dan pihak LTMPT menyebutkan bahwa penulisan NPSN di dalam SKL tidaklah wajib hukumnya. Jika kamu masih ragu, kamu bisa menanyakan hal tersebut melalui https://halo.ltmpt.ac.id/ atau coba hubungi melalui kontak di bawah ini:
  • Telepon: (021) 3104041
  • Faksimili: (021) 3104042
  • E-mail: sekretariat@ltmpt.ac.id
  • Call-Center: 0804 1 450 450 (Pukul 08.00 - 20.00 WIB)


Bagaimana jika SKL tidak memuat NISN Siswa??

Jika dalam SKL tidak termuat NISN siswa, maka SKL tersebut harus diganti dengan SKL yang baru oleh pihak sekolah. SKL tanpa NISN dapat menyebabkan peserta tidak diijinkan masuk ke ruangan tes UTBK SBMPTN.

Bagaima Jika SKL dikeluarkan Sekolah dalam bentuk Pdf??

Berhubung karena saat ini masih waspada pandemi covid19, banyak sekolah yang mengeluarkan SKL dalam bentuk pdf dan bisa langsung di download oleh siswa. SKL tersebut tetaplah sah meski stempel sekolah hasil cetakan printer bukan stempel basah pada umumnya yang langsung dilakukan di sekolah.
Demikianlah informasi mengenai ketentuan Surat Keterangan Lulus Siswa untuk syarat UTBK SBMPTN 2020 ini kami sajikan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar SKL, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar.

0 Response to "KETENTUAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) UTBK 2020 DAN CARA MENGATASI SKL TANPA PAS FOTO & NPSN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2