Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KETENTUAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) UTBK DAN CARA MENGATASI SKL TANPA PAS FOTO & NPSN

Bagaimana ketentuan Surat Keterangan Lulus (SKL) SMA/SMK/MA/ untuk Tes UTBK 2020/2021?? SKL adalah surat keterangan yang dikeluarkan oleh sekolah untuk menyatakan bahwa siswa tersebut telah dinyatakan lulus dari sekolah tersebut. SKL hanya berlaku untuk siswa tatamatan tahun berjalan, untuk siswa tamatan tahun sebelumnya yang berlaku adalah foto copy Ijazah yang telah dilegalisir (stempel basah).

Ketentuan Surat Keterangan Lulus (SKL) 2020/2021

Adapun ketentuan-ketentuan dalam isi SKL SMA/SMK/STM/MA Sederajat untuk di bawa pada saat ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 2020/2021 sesuai dengan point-point yang telah tertera di dalam Kartu Peserta Ujian UTBK SBMPTN 2020/2021 adalah:
  1. SKL harus ditandatangani oleh kepala sekolah
  2. Tertera Nama siswa yang bersangkutan
  3. Tertera Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) siswa yang bersangkutan
  4. Tertera Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 
  5. Terdapat pas foto siswa yang bersangkutan
  6. Sangat dianjurkan Agar sedikit bagian pas foto juga terkena stempel.
Contoh SKL (Surat Keterangan Lulus) Untuk UTBK SBMPTN yang sesuai dengan kriteria di atas adalah seperti tampilan SKL di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Lulus (SKL)

Bagaimana Jika SKL tidak bisa dibuat oleh Sekolah?

Bagi Siswa lulusan tahun 2021 yang mendapatkan jadwal UTBK-SBMPTN 2021 sebelum mendapatkan Surat Keterangan Lulus dari sekolah, dapat membawa SURAT KETERANGAN KELAS 12 dengan ketentuan sebagai berikut:

Surat Keterangan Kelas 12
  1. Surat Keterangan Kelas 12 (SKK 12) Asli (bukan fotocopy)
  2. Terdapat pas foto ukuran 4x6 cm berwarna, jangan hitam putih. (Cara membuat pas foto 4x6 cm lihat disini!)
  3. Terdapat stempel/cap dari sekolah
  4. Terdapat tanda tangan Kepala Sekolah 
Contoh Surat Keterangan Siswa Kelas 12 Untuk UTBK SBMPTN Tahun 2021 dapat kamu lihat disini!.

Surat ini menjadi persyaratan wajib bagi siswa untuk dibawa pada saat pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021. Jadi jangan sampai tertinggal!.

Bagaimana Jika SKL tidak terdapat Foto Siswa?

Beberapa sekolah mengeluarkan SKL tidak memuat pas foto siswanya. Untuk mengatasi hal ini, siswa dapat menempelkan pas foto di dalam SKL yang telah dikeluarkan oleh sekolah. Tempel pas foto sejajar dengan tanga tangan kepala sekolah tanpa menutupi tulisan/tanda tangan kepala sekolah. Pas foto boleh berwarna background merah, biru, atau hitam putih, hal ini karena tidak ada ketentuan lebih lanjut oleh pihak LTMP mengenai warna latar belakang pas foto. Pas foto siswa sebaiknya yang terbaru (minimal 3 bulan terakhir).

Bagaimana Jika dalam SKL tidak tertera NPSN Sekolah?

Jenis Surat Keterangan Lulus (SKL) yang dikeluarkan oleh sekolah sangatlah bervariasi, ada yang memuat NPSN ada juga yang tidak. Hal ini mungkin karena sebelumnya belum ada koordinasi antara sekolah dan pihak LTMPT. 
Lalu bagaimana cara mengatasi SKL yang tanpa NPSN?. Dalam hal ini, jika memungkinkan mintalah agar sekolah membuatkan SKL yang baru yang sesuai dengan ketentuan pihak LTMPT (dalam kartu ujian UTBK). Jika memang pihak sekolah sudah tidak bersedia, maka hal tersebut tidaklah mengapa jika SKL tanpa NPSN. Hal ini telah pernah ditanyakan oleh siswa ke pihak LTMPT melalui halo.ltmpt.ac.id dan pihak LTMPT menyebutkan bahwa penulisan NPSN di dalam SKL tidaklah wajib hukumnya. Jika kamu masih ragu, kamu bisa menanyakan hal tersebut melalui https://halo.ltmpt.ac.id/ atau coba hubungi melalui kontak di bawah ini:
  • Telepon: (021) 3104041
  • Faksimili: (021) 3104042
  • E-mail: sekretariat@ltmpt.ac.id
  • Call-Center: 0804 1 450 450 (Pukul 08.00 - 20.00 WIB)


Bagaimana jika SKL tidak memuat NISN Siswa??

Jika dalam SKL tidak termuat NISN siswa, maka SKL tersebut harus diganti dengan SKL yang baru oleh pihak sekolah. SKL tanpa NISN dapat menyebabkan peserta tidak diijinkan masuk ke ruangan tes UTBK SBMPTN.

Bagaima Jika SKL dikeluarkan Sekolah dalam bentuk Pdf??

Berhubung karena saat ini masih waspada pandemi covid19, banyak sekolah yang mengeluarkan SKL dalam bentuk pdf dan bisa langsung di download oleh siswa. SKL tersebut tetaplah sah meski stempel sekolah hasil cetakan printer bukan stempel basah pada umumnya yang langsung dilakukan di sekolah.
Demikianlah informasi mengenai ketentuan Surat Keterangan Lulus Siswa untuk syarat UTBK SBMPTN 2020 ini kami sajikan. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar SKL, silahkan tulis pertanyaan kamu di kolom komentar.

9 comments for "KETENTUAN SURAT KETERANGAN LULUS (SKL) UTBK DAN CARA MENGATASI SKL TANPA PAS FOTO & NPSN"

  1. Bagaimana sekolah mengeluarkan SKL saat pelaksanaan UTBK dibulan April sedangkan tanggal kelulusan pada bulan Mei?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SKL langsung dikeluarkan untuk keperluan tes UTBK-SBMPTN Pak/Bu. Jika nanti ternyata tidak lulus dari SMA/SMK/MA/Sederajat, maka kelulusan di PTN juga akan dibatalkan.

      Delete
  2. bagaimana sekolah mengeluarkan skl sedangkan pelaksanaan utbk dibulan april sedangkan kelulusan dibulan mei?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti SKL dengan Surat Keterangan Kelas 12 dengan ketentuan:
      1. Surat Keterangan Kelas 12 (SKK 12) Asli
      2. Terdapat pas foto ukuran 4x6 cm berwarna
      3. Terdapat stempel/cap dari sekolah
      4. Terdapat tanda tangan Kepala Sekolah

      Delete
  3. Menempel foto sendiri tapi tidak terkena cap stempel apakah bisa? Dan foto tersebut ( menutupi tulisan atasnya sedikit)

    ReplyDelete
  4. Jika sklh tidak ada npsn apa tidak apa-apa?

    ReplyDelete
  5. jika tidak di stempel?

    ReplyDelete
  6. jika tidak ter-cap?

    ReplyDelete