Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MELIHAT KAMPUS YANG MENERIMA KIP KULIAH (KIP K)

Saya ingin mendaftar KIP Kuliah 2021, bagaimana cara melihat kampus yang menerima KIP Kuliah (KIP K) untuk kampus negeri (PTN) maupun kampus swasta (PTS)?. Pertanyaan ini mungkin sering diajukan oleh kamu yang ingin mendaftar menjadi peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Sebelum menjawab hal tersebut, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu Syarat pendaftaran KIP K disini dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah disini!.

Cara Melihat Kampus Penerima KIP Kuliah

Cara melihat kampus swasta dan negeri yang menerima peserta KIP Kuliah sangatlah mudah, kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

Pertama, kamu bisa buka https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ kemudian klik menu Profil Perguruan Tinggi. 

Kedua, kamu bisa langsung buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/#profil

Ketiga, Setelah membuka profil perguruan tinggi, kamu akan dihadapkan dengan tampilan di bawah ini.

Kampus Penerima KIP

Maka akan muncul daftar kamus negeri/swasta yang menerima KIP Kuliah. Jika kamu ingin mencari kampus tertentu, kamu bisa langsung mengetikkan nama kampus yang kamu cari di bagian menu Cari.

Keunggulan bagi penerima KIP Kuliah: pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk PT, pembebasan biaya kuliah dan memperoleh bantuan biaya hidup. 

Siswa penerima program KIP Kuliah akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester, sesuai masa studi normal (S1 maksimal 8 Semester, total selama studi maksimal Rp. 33.6 jt; D3 maksimal 6 Semester, total selama studi maksimal Rp. 25.2 jt; D2 maksimal 4 Semester, total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt; D1 maksimal 2 Semester, total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt). 

Untuk mahasiswa pada Prodi yang harus mengikuti Program Profesi juga akan menerima pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup seperti poin di atas. Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 4 semester (total selama studi maksimal Rp. 16.8 jt). Sedangkan untuk Profesi Ners, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester (total selama studi maksimal Rp. 8.4 jt). 

Siswa yang akan melanjutkan kuliah ke Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (seperti UIN/IAIN/STAIN, PTKN Hindu, Buddha, Kristen, Katolik, dan Konghucu) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Swasta, silahkan melakukan pendaftaran KIP Kuliah di Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui situs http://kip-kuliah.kemenag.go.id/. 

Apabila ada kendala NIK, NISN dan NPSN yang tidak terbaca oleh sistem KIP-Kuliah, Silahkan koordinasi dengan operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data secara mandiri oleh operator di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/  

Bagi siswa lulusan silahkan lakukan pengajuan perbaikan di Verval Lulusan di alamat http://pd.data.kemdikbud.go.id/index.php?r=pengajuan/PengajuanLulusan.


Post a Comment for "CARA MELIHAT KAMPUS YANG MENERIMA KIP KULIAH (KIP K)"