Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JADWAL DAN PERSYARATAN PTB STMKG 2021

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran PTB STMKG 2021. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) kembali membuka pendaftaran Penerimaan Taruna Baru (PTB) STMKG Tahun 2021/2022. Pengumuman Pendaftaran PTB STMKG 2021/2021 ini sesuai dengan pengumuman yang dikeluarkan BMKG berdasarkan Surat Keputusan Nomor KP.01.00/002/SU/III/2021.

Besar kuota PTB STMKG 2021 jenjang Sarjana Terapan yang akan diterima adalah sebanyak 265 Taruna/Taruni dengan kuota STMKG untuk masing-masing Program Studi adalah sebagai berikut:
  • Kuota Prodi Meteorologi sebanyak 73 Taruna dan 31 Taruni;
  • Kuota Prodi Klimatologi sebanyak 22 Taruna dan 10 Taruni;
  • Kuota Prodi Geofisika sebanyak 26 Taruna dan 10 Taruni; dan
  • Kuota Prodi Instrumentasi-MKG sebanyak 84 Taruna dan 9 Taruni;
Beberapa berkas yang sangat penting untuk kamu persiapkan saat pendaftaran PTB STMKG Tahun 2021 adalah; Scan Ijazah, Scan Transkrip Nilai (Daftar Nilai yang tertera di Ijazah), Foto KTP, Pas Foto (background merah), dan Scan Rapot. Bagi peserta yang belum memiliki KTP, dapat digantikan dengan Surat Keterangan (SUKET) pengganti KTP dari DUKCAPIL.

Ukuran dan jenis file berkas pendaftaran STMKG yang di upload adalah; Pas Foto ( 200 Kb; jenis file JPG), foto KTP ( 200 Kb; tipe file JPG), Ijazah ( 700 Kb; jenis file PDF), Transkrip/Daftar Nilai ( 400 Kb; jenis file PDF), dan Rapor ( 500 Kb; jenis file PDF). Untuk mengatur agar ukuran foto KTP dan Pas foto STMKG sesuai aturan saat di unggah (upload) di portal dikdin.bkn.go.id dapat kamu pelajari disini atau disini. Sedangkan untuk memperkecil ukuran file pdf scan Ijazah, Transkrip Nilai, dan Scan Rapor bisa kamu pelajari disini atau disini!.

Pastikan ukuran file dan jenis file dokumen pendaftaran STMKG 2021 yang akan di upload tidak melebihi ukuran dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCN Sekolah Kedinasan 2021. Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan, maka secara otomatis file atau dokumen yang kamu upload akan ditolak.

Dokumen/berkas yang sudah di upload dapat di upload ulang kembali selama belum klik resume. Kamu harus berhati-hati dalam mengunggah dokumen pada saat pendaftaran PTB STMKG di dikdin.bkn.go.id dan pastikan sesuai dengan persyaratan, cek ulang kembali sebelum melakukan proses upload.

Selain dokumen tersebut, kamu juga harus memiliki alamat email aktif dan menyiapkan data orang tua saat akan melakukan pendaftaran PTB STMKG. Email akan sangat berguna untuk mereset password jika nantinya kamu lupa password login di portal dikdin.bkn.go.id.

JADWAL DAN PERSYARATAN PTB STMKG

 Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran PTB STMKG 2021 
Kapan jadwal pendaftaran PTB STMKG 2021? dan apa saja syarat-syarat pendaftaran STMKG Tahun 2021?.

Berdasarkan informasi dari situs resmi STMKG dan portal SSCASN DIKDIN pendaftaran pada tanggal 9-30 April 2021.

Persyaratan pendaftaran taruna baru STMKG 2021 terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan akademik. Berikut rincian kedua persyaratan untuk mendaftar PTK STMKG Tahun 2021:

Persyaratan Umum Daftar PTB STMKG
  1. Pria/Wanita Warga Negara Indonesia
  2. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal Lensa Spheris Maksimal Minus (-) 4 D, dan Lensa Silindris Maksimal Minus (-) 2 D dan bersedia untuk melakukan pengobatan lasik dengan biaya sendiri apabila diterima/lulus seleksi.
  3. Umur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada tanggal 1 September 2021.
  4. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  5. Bebas narkoba yang dibuktikan dengan tes kesehatan.
  6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  7. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  8. Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Persyaratan Akademik Pendaftaran STMKG
  1. Lulus atau akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) untuk SEMUA JURUSAN atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika lndustri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  2. Lulus atau akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (1) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG.
  3. Bagi yang lulus pada tahun 2021 dan ijazahnya belum keluar, wajib menggunakan Surat Keterangan LULUS.
Bagaimana jika surat keterangan lulus belum diterima oleh lulusan tahun 2021 sampai tanggal 30 April 2021?. Untuk lulusan tahun 2021 yang belum mendapatkan surat keterangan lulus sampai tanggal 30 April 2021, diperkenankan untuk menggunakan Surat Keterangan Akan Lulus/Surat Keterangan Aktif di Kelas 12 Untuk pendaftaran PTB STMKG 2021. Formatnya dapat kami lihat disini!.

 ALUR CARA PENDAFTARAN PTB STMKG 2021 
Mekanisme pendaftaran PTB STMKG 2021 dilakukan secara online terintegrasi melalui portal Panitia Pendaftaran & Seleksi Sekolah Kedinasan https://dikdin.bkn.go.id pada 9-30 April 2021. Langkah-langkah adalah sebagai berikut:
CARA PENDAFTARAN PTB STMKG
Sumber: dikdin.bkn.go.id

 JENIS SELEKSI DAN SOAL PTB STMKG 2021 
Seleksi PTB STMKG 2021 terdiri atas 3 (tiga) tahap dengan sistem gugur :
  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari Soal TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), Soal TIU (Tes Intelegensi Umum), dan Soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi). Soal SKD STMKG mirip dengan soal SKD CPNS. Kamu bisa pelajari disini contoh dan latihan soal SKD nya.
  2. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk mata pelajaran Fisika. Matematika dan Bahasa Inggris;
  3. Tes Kesehatan, Tes Kebugaran, dan Wawancara
 BIAYA PENDAFTARAN PTB STMKG 2021 
Besar biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,00 dan biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) sebesar Rp 50.000,00.

 APAKAH KULIAH DI STMKG GRATIS?? 
Biaya pendidikan di STMKG berbayar atau gratis?. Biaya pendidikan di STMKG gratis, namun taruna/i yang diterima akan ditarik biaya untuk keperluan seragam, atribut, dan lainnya. Biaya tersebut akan dibebankan hanya di awal pendidikan (yaitu saat daftar ulang kelulusan) untuk 4 tahun pendidikan.

Setelah lulus sebagai Taruna di STMKG, untuk saat ini, taruna/i STMKG masih tinggal di kamar indekos dan belum masuk asrama. Dikarenakan asrama STMKG sedang dalam proses pembangunan.

 LOKASI UJIAN PTB STMKG 2021 
Lokasi ujian SKD dan SKB diselenggarakan di 20 titik lokasi Kanreg/UPT BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yaitu Medan, Padang, Batam, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar, Kupang, Makassar, Manado, Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Merauke. (Nb. Lokasi yg tidak ada Kanreg/UPT untuk fasilitas CAT: Manokwari, Merauke, dan Kupang, akan ditentukan kemudian)

Post a Comment for "JADWAL DAN PERSYARATAN PTB STMKG 2021"