Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persyaratan dan Cara Pendaftaran STAN 2022/2023

WINMAHDI.com - Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) yang dinaungi oleh Kemenkeu. PKN STAN menjadi salah satu Sekolah Kedinasan yang selalu ramai peminat dan pendaftar. Jika kamu berminat kuliah di PKN STAN, simak syarat syarat dan cara pendaftaran STAN 2023/2023 berikut ini.

Syarat dan Cara Pendaftaran STAN

Jurusan di PKN STAN

Saat ini PKN STAN memiliki 9 Prodi yang masing-masing prodi telah memiliki akreditasi B dari BAN-PT, yaitu:
  1. Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  2. Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  3. Diploma IV Manajemen Aset Publik
  4. Diploma III Akuntansi
  5. Diploma III Pajak
  6. Diploma III PBB/Penilai
  7. Diploma III Kepabeanan dan Cukai
  8. Diploma III Kebendaharaan Negara
  9. Diploma III Manajemen Aset
Untuk tahun ini, PKN STAN hanya membuka penerimaan mahasiswa baru untuk 3 Program Studi (Prodi) saja, yaitu:
  1. D-IV Akuntansi Sektor Publik
  2. D-IV Manajemen Keuangan Negara
  3. D-IV Manajemen Aset Publik

Jalur Masuk PKN STAN

Terdapat jalur Reguler dan Afirmasi untuk masuk PKN STAN. Setiap mahasiswa yang  masuk  melalui  jalur  program  regular  atau  program afirmasi dari  lulusan  SMA  atau  sederajat,  seluruh  biaya  pendidikan  di  PKN STAN dibebankan kepada APBN.

Kriteria Peserta SPMB STAN

Kebutuhan dari tiap-tiap Program Studi diperuntukkan bagi peserta dengan kriteria:
  1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.
  2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra- putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan. Khusus untuk Provinsi Papua dan Papua Barat berasal dari program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dan non-ADEM/umum.

Syarat Pendaftaran STAN

Merujuk situs resmi SPMB PKN STAN, berikut adalah persyaratan pendaftaran SPMB STAN 2022 /2023 yang harus dipenuhi.

1. Lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta
  • a. lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  • b. calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2001 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 15 tahun.

4. Telah mendaftar pada portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2022.

5. Memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).

9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.

10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:

a. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat:
Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.

b. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:
  1. telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;
  2. memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan
  3. mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.


Cara Pendaftaran STAN

Sesuai siaran pers Nomor SP-1/BPPK/2022 tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2022 akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Oleh karena itu, para peserta yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2022 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2022.

Ketentuan Pas Foto Pendaftaran STAN 

Aturan dan persyaratan pas foto pendaftaran akun STAN selengkapnya dapat kamu baca dan pelajari disini: Ketentuan Pas Foto PKN STAN 2022.

Pendaftaran STAN di Portal Sekolah Kedinasan (DIKDIN)

Informasi alur pendaftaran Sistem Seleksi Sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara (STAN) adalah sebagai berikut :

1. Mengakses portal SSCASN Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id;

2. Membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) kemudian mencetak Kartu Informasi Akun;

3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan (https://dikdin.bkn.go.id) menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

4. Memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan antara lain:

1). Bagi Peserta Program Reguler:
  • a). Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);
  • b). KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);
  • c). Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format .pdf)
  • d). Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); atau
  • Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); dan
  • e). Kartu Keluarga (ukuran maksimal 700 Kb dan format .pdf)

2). Bagi Peserta Program Afirmasi:
  • a). Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);
  • b). KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg);
  • c). Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format .pdf)
  • d). Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); atau
  • Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf);
  • e). Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa (ukuran maksimal 700 Kb dan format .pdf)
  • f). ➲ Peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat mengunggah tambahan dokumen antara lain:
    Surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Papua dan Papua Barat. Formulir surat keterangan dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormPesertaADEMSPMBPKNSTAN.

    ➲ Peserta Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur mengunggah tambahan dokumen antara lain:
    i. Ijazah SD dan Ijazah SMP;
    ii. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung; dan
    iii. Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.
    Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormRekomendasiAfirmasiSPMBPKNSTAN.

5. Melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran;

6. Logout dari portal https://dikdin.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id.

* Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Dalam hal peseta terdaftar pada lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

Pendaftaran STAN di Portal SPMB PKN STAN

Setelah selesai mendaftar dan memilih PKN STAN di stus SSCN Sekolah Kedinasan (dikdin.bkn.go.id) selanjutnya adalah mendaftar di porta SPMB PKN STAN, yaitu:

1. Akses Portal SPMB PKN STAN

  • Pendaftar mengakses spmb.pknstan.ac.id dan melakukan login dengan NIK dan password yang telah didaftarkan
  • Jika terdapat kendala login, pendaftar disarankan untuk menghapus cache atau mengakses dengan browser yang berbeda.
  • Dalam Form  Pendaftaran, terdapat tiga langkah (tab) yang  harus diselesaikan pendaftar, yaitu Formulir  Pendaftaran, Kunci Data, dan Status Bayar.
  • Dalam Formulir Pendaftaran, terdapat data diri pendaftar yang telah diinput di portal dikdin.bkn.go.id, data ini tidak dapat diubah.

2. Input Nilai Semester (khusus lulusan 2022)

Dalam Formulir Pendaftaran, pendaftar lulusan2022 menginput jumlah semester dan rata-rata nilai rapor pada masing-masing semester tersebut. Mohon pastikan menginput data dengan tepat. Setelah dikunci,data ini tidak dapat diubah.

Input Jumlah Semester

  • Jumlah semester diinput sesuai masa pendidikan dikurangi 1 (satu) semester akhir yang masih berjalan.
  • Contoh: Siswa SMA masa pendidikan 2 (dua) tahun/akselerasi mengisi 3 (tiga) semester; Siswa SMA masa pendidikan 3 (tiga) tahun mengisi 5 (lima) semester; dan Siswa SMK masa pendidikan 4 (empat) tahun mengisi 7 (tujuh) semester.
  • Kemudian lanjutkan dengan mengisir ata-rata nilai rapor pada masing-masing semester tersebut (bukan hasil pembulatan).

Input Rata-rata Nilai Rapor tiap Semester

  • Rata-rata nilai rapor yang dihitung adalah pada komponen pengetahuan dengan syarat rata-rata  nilai rapor tersebut tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 (bukan hasil pembulatan).
  • Dalam hal terdapat perbedaan skala antar semester, pendaftar harus memilih salah satu skala dengan menyertakan dokumen konversi resmi dari sekolah.
  • Apabila pada rapor terdapat nilai rapor dan nilai ujian sekolah, maka perhitungannya dengan membagi total jumlah nilai rata-rata rapor dan nilai ujian sekolah dengan total mata pelajaran.

3. Pemilihan Lokasi Seleksi Lanjutan

  • Dalam Formulir Pendaftaran, pendaftar memilih lokasi seleksi lanjutan. Mohon pastikan pilihan lokasit erpilih dengan tepat. Setelah dikunci, data pilihan ini tidak dapat diubah.

4. Pemilihan Program Studi

  • Dalam Formulir Pendaftaran, pendaftar memilih pilihan program studi melalui ''Pilihan Spesialisasi".
  • Pendaftar dapat memilih program studi berdasarkan prioritas. Mohon pastikan pilihan program studi terpilih dengan tepat. Setelah dikunci, data pilihan ini tidak dapat diubah.

5. Penyimpanan dan Kunci Data

  • Pendaftar disarankan untuk mereviu kembali input nilai semester (lulusan 2022), pilihan lokasi seleksi lanjutan dan prioritas program studi.
  • Setelah semua data telah terinput dan terpilih dengan benar, pendaftar dapat melakukan penyimpanan data dengan klik checkbox, klik "Simpan", dan klik "Berikutnya".
  • Pendaftar dapat melakukan kunci data dengan klik "Kunci Data" setelah seluruh data ada Formulir Pendaftaran telah diisi dan disimpan.
Dengan melakukan kunci data pada portal spmb.pknstan.ac.id, kamu telah terdaftar sebagai peserta SPMB PKN STAN 2022. Panitia akan melakukan Seleksi Administrasi berdasarkan syarat administrasi dan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK. Peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) STAN 2022 dan Seleksi Lanjutan.

6. Pembayaran Biaya STAN

Peserta SPMB PKN STAN 2022 yang lulus Seleksi Administrasi dapat melakukan login di portal spmb.pknstan.ac.id dan mengakses tab "Status Bayar" untuk mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA) yang digunakan sebagai kode pembayaran di semua kanal Bank Mandiri. 

Biaya pendaftaran SPMB STAN sebesar Rp 350.000. Cara pembayaran dapat kamu lihat disini: Cara Pembayaran Biaya SPMB PKN STAN.

Pencetakan Kartu Peserta Ujian (KPU) PKN STAN

Apabila Peserta SPMB PKN STAN 2022 telah melakukan pembayaran, sila untuk login kembali di portal dikdin.bkn.go.id untuk mencetak Kartu Peserta Ujian(KPU). KPU dipergunakan sebagai salah satu bukti diri peserta pada setiap tahapan seleksi SPMB PKN STAN 2022.

Kisi-Kisi Soal SPMB PKN STAN 2023

Untuk mendapatkan kisi-kisi soal SPMB PKN STAN Tahun 2023 dapat kamu klik gambar dibawah ini.

Kisi Kisi Soal STAN dan Pembahasan

Jadwal Masuk STAN 2022/2023

Berikut adalah jadwal pelaksanaan penerimaan PKN STAN sesuai dengan pengumuman pelaksanaan SPMB PKN STAN 2022/2023.
    1. 9 - 30 April: Pendaftaran online STAN di portal dikdin https://dikdin.bkn.go.id
    2. 16 April - 6 Mei:  Pendaftaran online di portal https://spmb.pknstan.ac.id
    3. 24 Juni:  Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
    4. 24 - 26 Juni:  Pembayaran Biaya Pendaftaran SPMB
    5. 28 Juni:  Pengumuman Jadwal dan Lokasi SKD
    6. 30 Juni - 5 Juli*) :  Pelaksanaan SKD
    7. 13 Juli:  Pengumuman Hasil SKD serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi)
    8. 18 - 22 Juli:  Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi
    9. 4 Agustus:  Pengumuman Hasil Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara)
    10. 8 - 12 Agustus:  Tes Wawancara
    11. 29 Agustus:  Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN
    12. 5 - 9 September:  Pendaftaran Ulang
    13. Akhir September:  Mulai pendidikan

    FAQ | Tanya Jawab Seputar SPMB STAN

    1. Saya tidak mengikuti UTBK SNBT, apakah dapat mendaftar SPMB PKN STAN 2023?

    • Tidak bisa mendaftar karena salah satu syarat administrasi harus mempunyai nomor UTBK SNBT.

    2. Bagaimana cara memasukkan nilai TPS UTBK saya?

    • Peserta tidak perlu memasukkan nilai TPS UTBK di portal. Panitia akan menarik data langsung dari LTMPT.

    3. Jika saya pernah ikut UTBK tahun lalu, apakah saya bisa mendaftar ?

    • Bisa, namun peserta harus kembali mengikuti UTBK Tahun 2022.

    4. Saya memiliki garis keturunan orang tua asli Provinsi Papua/Papua Barat/Maluku/Maluku Utara/Nusa Tenggara Timur, dan saya bersekolah SD dan SMP di sana, tetapi saya lulus SMA/sederajat di provinsi lain. Apakah saya bisa mendaftar melalui jalur afirmasi?ika saya tidak lolos pada jalur umum, apakah saya boleh mendaftar pada jalur lain?

    • Tidak bisa. Jalur afirmasi hanya untuk peserta yang lulus sekolah SD, SMP (sederajat) dan SMA (sederajat) di Provinsi Papua/Papua Barat/Maluku/Maluku Utara/Nusa Tenggara Timur. Anda dapat menggunakan jalur reguler.

    5. Pada pengumuman di bagian Syarat-syarat Pendaftaran tertulis, "Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi." Apakah skor minimal tersebut adalah rata-rata dari keempat subtest?

    • Benar, nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi adalah ratarata dari ke empat subtest.

    6. Apakah ada batasan minimal untuk tinggi badan peserta?

    • Tidak ada batas minimal untuk tinggi badan, akan tetapi hal tersebut akan menjadi salah satu unsur penilaian pada tes Kesehatan.

    7. Apakah ada batasan minus/plus untuk dioptri mata?

    • Tidak ada batasan untuk ukuran dioptri, akan tetapi akan menjadi salah satu unsur penilaian pada tes kesehatan.

    8. Apakah mahasiswa tidak perlu membayar biaya pendidikan di PKN STAN?

    • Untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur program regular atau program afirmasi dari lulusan SMA atau sederajat, seluruh biaya pendidikan di PKN STAN dibebankan kepada APBN.

    9. Apakah ada fasilitas asrama untuk mahasiswa PKN STAN?

    • Penyelenggaraan pendidikan akan diasramakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN STAN.

    10. Apakah setiap mahasiswa akan diberikan uang saku selama menempuh pendidikan di PKN STAN?

    • PKN STAN tidak memberikan uang saku kepada mahasiswa selama Pendidikan.

    11. Bagaimana dengan sistem drop out di PKN STAN?

    • PKN STAN menerapkan sistem gugur/drop out. Bagi mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada setiap semester maka secara otomatis tidak berhak untuk mengikuti perkuliahan semester berikutnya. Setiap mahasiswa yang di-drop out tidak diperkenankan untuk mendaftar kembali di PKN STAN.

    12. Apakah lulusan PKN STAN akan langsung diangkat menjadi CPNS?

    • Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

    Pengumuman SPMB STAN 2022/2023


    Lokasi Pendidikan STAN

    Program  pendidikan  PKN  STAN  diselenggarakan  di  Kampus  Ali  Wardhana, Jalan  Bintaro  Utama  Sektor  V,  Tangerang  Selatan,  Banten.

    1 comment for "Persyaratan dan Cara Pendaftaran STAN 2022/2023"

    1. Ibu saya adalah garis keturunan asli Maluku Utara tetap lahir dan besar serta sekolah di Papua .apakah saya bisa mengikuti test melalui jalur afirmasi?

      ReplyDelete