PASSING GRADE CAT CPNS 2019

Berapa passing grade CAT CPNS 2019 agar bisa lulus ujian SKD??. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2019 juga akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade).

Apa itu Passing Grade CPNS? apa itu nilai ambang batas cat skd CPNS??. Nilai ambang batas atau Passing Grade CAT CPNS adalah batasan nilai kelulusan minimum Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Jika peserta ujian memiliki nilai di bawah nilai ambang batas maka peserta tersebut tidak lolos ujian SKD CPNS.

Merujuk informasi yang dikeluarkan Menpan RB dan BKN tentang nilai ambang batas kelulusan ujian CPNS SKD tahun lalu, nilai passing grade CPNS adalah 75, 80, dan 143. Hingga pengumuman jadwal pelaksanaan CPNS 2019-2020 pada akhir Oktober mendatang, belum ada informasi yang dikeluarkan pihak terkait mengenai perubahan besar passing grade CPNS untuk tahun ini.

Berdasarkan hal tersebut, dapat kita asumsikan bahwa besar nilai ambang batas CPNS 2019 sama seperti nilai ambang batas CPNS tahun lalu.

Passing Grade SKD CPNS

Passing Grade CAT CPNS 2019

Berdasarkan Permenpan RB Nomor 37, pada Pasal 3 dijelaskan bahwa passing grade atau nilai ambang batas kelulusan SKD CPNS untuk peserta jalur umum adalah:
  • 75 (tujuh puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
  • 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum (TIU); dan
  • 143 (seratus empat puluh tiga) untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP);

Nilai Ambang Batas CPNS Formasi Khusus

Untuk pelamar dari formasi khusus jumlah akumulasi dan nilai TIU ada batas minimalnya. Untuk pelamar dari formasi sarjana cumlaude dan diaspora, akumulasi nilai paling sedikit 298 dengan nilai TIU minimal 85.


Sedangkan bagi penyandang disabilitas, nilai kumulatifnya 260, dengan TIU minimal 70. Putra-putri Papua/Papua Barat, nilai akumulatif 260 dengan TIU minimal 60. Untuk eks tenaga honorer K-II, nilai akumulatif minimal 260 dan TIU minimal 60. Untuk peserta seleksi dari olahragawan berprestasi internasional, nilai terendah merupakan nilai ambang batas hasil SKD.

Passing Grade CAT CPNS

Passing grade atau nilai ambang batas Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS), bagi peserta yang mendaftar pada jenis formasi khusus adalah sebagai berikut:
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude) dan Diaspora paling sedikit 298 (dua ratus sembilan puluh delapan), dengan nilai TIU paling rendah 85 (delapan puluh lima);
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Penyandang Disabilitas paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU serendah-rendahnya 70 (tujuh puluh);
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Putra/Putra Papua dan Papua Barat paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh);
  • Nilai kumulatif Seleksi Kompetensi Dasar bagi Tenaga Guru dan Tenaga Medis/Paramedis dari Eks Tenaga
  • Honorer Kategori-II paling sedikit 260 (dua ratus enam puluh), dengan nilai TIU paling sedikit 60 (enam puluh);
  • Nilai terendah dari peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Olahragawan Berprestasi Intemasional merupakan nilai ambang batas hasil Seleksi Kompetensi Dasar.

Demikianlah informasi mengenai passing grade CPNS, semoga bermanfaat bagi Anda dan semoga sukses pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.

0 Response to "PASSING GRADE CAT CPNS 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2