Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA PENDAFTARAN CPNS 2019 DI SSCASN BKN GO ID

CARA PENDAFTARAN CPNS 2019 DI SSCN BKN GO ID

CPNS 2019 - Cara Pendaftaran CPNS 2019 di SSCASN BKN (Sscasn.BKN.go.id). SSCASN BKN GO ID adalah portal atau website pendaftaran CPNS 2019 secara online. SSCASN adalah Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk menjaring peserta CPNS. Jika tahun-tahun sebelumnya pendaftaran CPNS online langsung dilakukan di sscn.bkn.go.id maka untuk tahun ini pendaftaran CPNS dimulai di sscasn.bkn.go.id.

Pendaftaran CPNS 2019 akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via https://sscasn.bkn.go.id. Dengan mekanisme ini, alur pendaftaran CPNS akan lebih singkat sehingga memudahkan pelamar dalam pendaftaran. Terdapat beberapa alur atau tahapan cara pendaftaran CPNS yang harus kamu pahami dalam agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Informasi Pendaftaran CPNS 2019 di SSCASN BKN

Pendaftaran CPNS direncakana paling cepat dilaksanakan tanggal 11 November 2019. Jadwal pembukaan pendaftaran CPNS berdasarkan setting yang dilakukan oleh masing-masing instansi melalui SSCASN.

Peserta dapat melakukan pendaftaran di instansi yang telah membuka pendaftaran, dengan catatan bahwa formasi telah direkam ke dalam SSCASN dan telah di verifikasi oleh BKN. Bagi instansi yang belum memenuhi ketentuan, maka pilihan instansi tersebut belum muncul dan belum dapat dipilih oleh calon pendaftar pada halaman portal SSCN.

Pada tanggal 11 November 2019, seluruh calon peserta dapat membuat Akun terlebih dahulu, sebelum mendaftar di instansi yang telah siap menerima pendaftaran CPNS 2019.


Alur Pendaftaran CPNS 2019

Sebelum Anda melakukan pendaftaran ke instansi dan jabatan yang dituju, seluruh peserta (termasuk yang sudah pernah mendaftar di SSCN sebelumnya) diwajibkan untuk membuat sebuah akun akses SSCASN terlebih dahulu.

Silahkan pilih jenis formasi yang ingin didaftar, kemudian masukkan data diri sesuai dengan jenis formasi yang dipilih, lalu klik tombol "Lanjutkan".

Alur cara pendaftaran CPNS secara lengkap dapat kamu lihat melalui gambar berikut ini:

Alur Pendaftaran CPNS 2019 di SSCASN BKN.jpg



#Cara Pendaftaran CPNS 2019 di SSCASN BKN

Pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online dan hanya melalui situs/portal cpns bkn http://sscn.bkn.go.id. Pendaftaran Online CPNS ini dianggap lebih sederhana karena tidak harus melakukan pendaftaran pada masing-masing situs instanti seperti pada tahun 2017. Adapun tata cara pendaftaran CPNS Online adalah:
  • Membuka laman http://sscn.bkn.go.id (dapat diakses mulai 11 November)
  • Memasukkannomor NIK
  • Mamsukkan nomor Nomor Kartu Keluarga / NIK Kepala Keluarga
  • Masukkan kode CAPTCHA yang tersedia
  • Klik lanjutkan
  • Selanjutnya ikuti tahap  2 (lihat alur pendaftaran di atas)

Formasi CPNS dan Syarat Pendaftaran CPNS

Formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dapat Anda cek rinciannya disini "Daftar Formasi CPNS 2019". Adapaun infografis yang diterbitkan oleh BKN adalah seperti tampilan di bawah ini.

Formasi CPNS dan Syarat Pendaftaran

#Persyaratan Pendaftaran CPNS

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS, ada baiknya Anda sudah menyiapakan persyaratan pendaftara CPNS terlebih dahulu, seperti persyaratan pada umumnya yaitu;
  • Pas Foto background merah ukuran 4x6 dan 3x4 (dalam jpg maksimal 200kb)
  • Scan Ijazah (dalam pdf dengan ukuran maksimal 300kb/700kb)
  • Scan Transkrip Nilai (dalam pdf dengan ukuran maksimal 300kb/700kb)
  • Scan KTP (dalam pdf dengan ukuran maksimal 300kb)
  • Scan/foto kopi sertifikat Akreditasi prodi di ijazah (scan dalam pdf maksimal 300kb)
Jika Anda mengalami kesulitan saat dalam mengecilkan ukuran PDF hasil Scan ijazah/transkrip atau file berkas CPNS lainnya, silahkan baca disini "Cara mengecilkan ukuran file pdf" untuk cara termudahnya.

Syarat-syarat pendaftaran CPNS di atas sudah harus dipersiapkan mulai saat ini, untuk syarat pendaftaran CPNS lainnya silahkan disesuaikan dengan informasi resmi dari pihak BKN yang sudah tersedia di portal pendaftaran CPNS 2019 https://sscasn.bkn.go.id.


Untuk bekal persiapan menghadapi pendaftaran CPNS dan ujian CAT CPNS 2019, silahkan di pelajari panduan-panduan dan soal berikut ini.

Pas Foto CPNS

Berkas (Dokumen) Pendaftaran CPNS


Post a Comment for "CARA PENDAFTARAN CPNS 2019 DI SSCASN BKN GO ID"